Minggu, 26 Desember 2010

MAKALAH SOFTSKILL

MAKALAH



Penyusun :
Aan Anerih 10208001
Amelia Fitriani 10208104
Ahmad Ilman
3EA02

UNIVERSITAS GUNADARMA


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkata atas rahmat-Nyalah kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini.
Dalam penulisan ini kita akan mengulas salah satu perusahaan yang menurut kami mempunyai strategi yang berorientasi pada pelanggan
Pada kesempatan ini pula kami tidak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada berbagai pihak yang telah banyak membantu dalam penyelesaian tugas makalah ini, terutama kepada :
1. Kepada Bapak R. NAHARDINATA yang sudah mau mnerangkan tentang usahanya
2. Teman-teman kelompok yang telah saling membantu menyelesaikan makalah ini dalam memcari referensi dari berbagai sumber
3. Orang tua yang selalu memberikan dorongan moral kepada penulis.
4. Semua teman-teman yang telah memberikan dorongan dan semangatnya.
Sungguh penulis sudah sangat berusaha menyusun makalah ini secermat dan seteliti mungkin, namun sebagai mannusia biasa, pastilah tidak lepas dari kesalahan. Untuk itulah penulis nantikan koreksi dan kritik dari yang membangun dari para pembaca.
Akhir kata, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan Rahmat kepada kita semua. Dan makalah ini bermanfaat untuk semua pihak.
Depok, Desember 2010

Penulis




BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Perusahaaan ini adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Furniture, yang dimulai sebagai agen berdasarkan ke pengrajin furniture atau toko-toko dan juga pabrik Furniture.
1.2 Rumusan Masalah
Dalam penulisan makalah ini, pasti ada permasalahan yag dibahas. Adapun permasalahan yang akan dibahas adalah sebagai berikut:
1. Apa saja Jenis-jenis barang yang di jual ?
2. Aset perusahaan sekarang apa saja ?
3. Siapa saja yang sering menjadi konsumen ?
1.2. Tujuan Penulisan
Berdasarkan Rumusan Masalah yang akan dibahas, maka Tujuan Penulisan adalah agar pembaca bisa mendapatkan informasi menganal usaha ini dan lebih memahami termasuk jenis apa usaha tersebut.









BAB II
PEMBAHASAN

Profil bisnis Tika cell
Perusahaan CV. RANTA JAYA didirikan pada Desember 1992, Perusahaan ini bergerak dalam bidang furniture.
Dimulai sebagai agen berdasarkan ke pengrajin furniture/toko-toko dan juga pabrik furniture. Dengan awal modal yang dimiliki oleh Bapak R. Nahardinata sebanyak kurang lebih Rp. 10.000.000, dia memulai usahanya. Sekarang pegawainya sebanyak 15 orang dan omset penjualan mencapai Rp. 10.000.000 per bulan pada tahun 1992.

Selama usahanya berdiri terjadi kamajuan dan kemunduran, dan omset penjualan yang diperoleh berkisar 50 – 100 juta tergantung pemasarannya. Pemasaran perusahaan ini hanya dalam lingkup JABODETABEK.
Jenis-jenis barang yang dijual pada perusahaan ini adalah :
1. Bahan untuk kasur
2. Untuk busa sofa
3. Untuk berbagai jenis kursi
Dengan berjalannya waktu selama usahanya berdiri Bapak R. Nahardinata memperoleh berbagai keuntungan dan tidak sering pula mengalami kerugian yang disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya :
1. Bahan yang di gunakan mengalami kerusakan atau cacat
2. Mesinnya mengalami kendala teknis, sehingga memperlambat dalam proses poduksinya
3. Kendaraan yang digunakan ubtuk mengantarkan barang-barang k konsumen mengalami kerusakan sehingga membuat perusahaan harus menyewa mobil lain dan itu membuang biaya
Aset perusahaan yang dimiliki saat ini adalah :
1. Gudang
2. Kendaraan, sebanyak 2 unit
3. 3 mesin, yaitu : a. 5 jenis mesin pemotong busa
b. 2 jenis mesin belah busa
c. 3 unit mesin jahit
d. kompresor dan inventaris kantor
Pelanggan pada perusahaan ini yaitu :
1. Konsumen Langsung
2. Toko => bahan 10 votlite
3. Pengrajin Furniture => bahan
4. Pabrik => 2000 pice/bulan (PT. SABANG MITRA PRATAMA dan PT. IKODA)



















BAB III
PENUTUP
CV. RANTA JAYA yang didirikan pada tahun 1992 ini bergerak dalam bidang furniture yang selalu mengutamakan mutu dan kualitas bahan-bahan yang akan dikirimkan ke para konsumennya.

Tidak ada komentar: