Minggu, 15 Mei 2011

dampak wikileaks

Dampak Wikileaks

Fonomena Wikileaks yang membongkar rahasia sejumlah negara termasuk rahasia-rahasia pejabat dan pemerintahan sipil serta militer dikhawatirkan akan menjadi ancaman bagi Indonesia dimasa mendatang.

"Cepat atau lambat rahasia-rahasia negara akan diketahui publik," kata Advokat Todung Mulya Lubis, kemarin.

Menurut Todung, selama ini rahasia negara dapat dikatakan multitafsir, sehingga pemerintahan terkesan tertutup terhadap publik. Padahal kepentingan publik harus menjadi tolak ukur dalam mendefinisikan kerahasiaan negara.

Todung menegaskan bahwa situs-situs seperti wikileaks memiliki nilai-nilai positif untuk publik. Menurutnya, situs sejenis itu mendukung keterbukaan, karena publik berhak mengetahui apa yang dilakukan pemerintahnya.

Selain itu, situs ini juga dapat mengubah cara berpikir orang agar lebih berhati-hati dalam membuat memo, surat atau percakapan. Hal ini justru dinilai dapat menekan angka korupsi, karena 'calon pelaku' akan semakin takut.

Wikileaks menjadi situs yang sudah beberapa minggu ini menjadi pembicaraan karena adanya rilis dokumen-dokumen yang bersifat sangat-sangat rahasia.

Sudah ada 250.000 data yang ditampung di data Wikileaks. Dari jumlah itu diklaim ada sekitar 3.000 data mengenai Indonesia. Namun demikian dokumen-dokumen itu masih membutuhkan konfirmasi.

Wikileaks.com yang di dirikan oleh Julian Assange yang merupakan warga negara Ausie telah menggemparkan hampir seluruh pejabat di dunia. Mulai dari Perdana Mentri Tayyip Erdogan yang sanagat berang dengan tlisan di wikileaks.com yang mengungkapkan pernyataan Dubes AS tentang penyimpanan kekayaan PM Turki tersebut d salah satu bank di eropa.
Belum lagi tulisan tentang hubungan Arab Saudi yang sangat harmonis dengan Israel, juga hubungan dagang yang manis antara Iran dan Israel. Ada juga kebocoran dokumen rahasia Amerika Serikat tentang laporan Intelijen Militer Perang Afghanistan. Sekitar 167 dokumen AS di bocorkan berasal dari konsulat AS di Surabaya dan tidak kurang dari 90.000 catatan rahasia AS di beberkan di situs ini.

(Bahasa Indonesia 2 softskill)

Tidak ada komentar: