Minggu, 15 Mei 2011

nikmatnya berwirausaha

Nikmatnya Berwirausaha

Dalam memulai berwirausaha yang perlu kita lakukan adalah menentukan barang apa yang akan kita jual atau bisnis apa yang akan kita lakukan, dalam menentukan ide bisnis apa sebaiknya hati-hati dan jangan terlalu banyak ide, alhasil tak satupun ide yang dilakukan karena kebanyakkan ide yang membuat kita bingung. Selanjutnya lakukan promosi agar para pembeli minat dari apa yang kita promosikan, bentuk promosi dapat dilakukan secara online misalnya kita bikin membuat sebuah situs. Terkadang mempromosikan barang secara online membuat para pembeli kurang percaya, istilahnya takut penipuaan sebaiknya kita membuat juga toko nyatanya agar mereka percaya. Dan fokus sampai berhasil dalam menjalankan bisnis yang kita lakukan, jangan mudah terpengaruh dengan bisnis orang lain yang sudah berhasil hanya karena ikut – ikutan, fokuslah pada bisnis kita dan jangan beralih ke bisnis lain sebelum bisnis yang dijalankan menemukan suatu keberhasilan atau sebuah kesuksesan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausahawan adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkannya. Sedangkan, Louis Jacques Filion menggambarkan wirausahawan sebagai orang yang imajinatif, yang ditandai dengan kemampuannya dalam menetapkan sasaran serta dapat mencapai sasaran-sasaran itu. Ia juga memiliki kesadaran tinggi untuk menemukan peluang-peluang dan membuat keputusan. Persamaannya dari pengertian – pengertian tersebut yaitu wirausahawan memiliki dan mampu berpikir kreatif-imajinatif, melihat peluang dan membuat bisnis baru.

Ada empat subkategori menjadi wirausahawan, yaitu :

1. Penemu, mendefinisikan konsep, unik, baru, penemuan atau metodologi
2. Inovator, menerapkan sebuah teknologi baru atau metodologi untuk memecahkan masalah baru.
3. Marketer, mengidentifikasi kebutuhan di pasar dan memenuhinya dengan produk baru atau produk substitusi yang lebih efisien.
4. Oportunis, pada dasarnya sebuah broker, pialang, yang menyesuaikan antara kebutuhan dengan jasa diberikan dan komisi.

Keterampilan yang dibutuhkan oleh para pengusaha dapat dikelompokkan menjadi tiga area utama yaitu :

1. Keterampilan teknis seperti menulis, mendengarkan, presentasi lisan, pengorganisasian, pembinaan, bekerja dalam tim dan teknis tahu-bagaimana (know-how).

2. Keterampilan manajemen usaha termasuk hal-hal dalam memulai, mengembangkan dan mengelola perusahaan.

3. Keterampilan dalam membuat keputusan, pemasaran, manajemen, pembiayaan, akuntansi, produksi, kontrol dan negosiasi.

Ciri-ciri wirausaha yang berhasil diantaranya adalah :

* Memiliki visi dan tujuan yang jelas. Hal ini berfungsi untuk menebak kemana langkah dan arah yang dituju sehingga dapat diketahui langkah yang harus dilakukan oleh pengusaha tersebut.
* Inisiatif dan selalu proaktif. Ini merupakan ciri mendasar dimana pengusaha tidak hanya menunggu sesuatu terjadi, tetapi terlebih dahulu memulai dan mencari peluang sebagai pelopor dalam berbagai kegiatan.
* Pengusaha yang sukses selalu mengejar prestasi yang lebih baik daripada prestasi sebelumnya. Mutu produk, pelayanan yang diberikan, serta kepuasan pelanggan menjadi perhatian utama Setiap waktu segala aktifitas usaha yang dijalankan selalu dievaluasi dan harus lebih baik dibanding sebelumnya.
* Berani mengambil risiko Hal ini merupakan sifat yang harus dimiliki seorang pengusaha kapan pun dan dimana pun, baik dalam bentuk uang maupun waktu.
* Kerja keras jam kerja pengusaha tidak terbatas pada waktu, dimana ada peluang disitu dia dating. Kadang-kadang seorang pengusaha sulit untuk mengatur waktu kerjanya. Dalam benaknya selalu memikirkan kemajuan usahanya. Ide-ide baru selalu mendorongnya untuk bekerja keras merealisasikannya. Tidak ada kata sulit dan tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.
* Bertanggung jawab terhadap segala aktivitas yang dijalankannya, baik sekarang maupun yang akan datang. Tanggung jawab seorang pengusaha tidak hanya pada segi material, tetapi juga moral kepada berbagai pihak.
* Mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan berbagai kalangan, baik yang berhubungan langsung dengan usaha yang dijalankan maupun tidak. Hubungan baik yang perlu dijalankan, antara lain kepada para pelanggan, pemerintah, pemasok, serta masyarakat luas.
Dengan demikian nikmatnya berwirausaha membuat bertambahnya wawasan kita dan dapat menjadikan diri kita sosok orang yang bertanggung jawab, jeli, dan teliti.

Tidak ada komentar: